"Anak IPS Masuk Kuliah Kedokteran ?", di K-13 Bisa Saja !

Halo kawan semua, pernah ga lu bercita-cita menjadi dokter tapi terkendala oleh penjurusan di sekolah ? Ohya...dulu masuk fakultas kedokteran harus jurusan IPA saat di SMA/MA, tapi sekarang bisa lho masuk fakultas kedokteran walaupun jurusan/peminatan IPS. "Kok bisa ? kedokteran khan identik dengan ilmu Biologi ?"

Kabar gembira untuk anak – anak SMA IPS. Bagi mereka yang ingin kuliah kedokteran dan menjadi dokter, di dalam Kurikulum 13 ini adalah hal yang dimungkinkan bisa terjadi.

Kok, bisa ? dulu saja tidak bisa,, K13 rahasianya. Ayo simak :)
Sesuai dari kabar berita langsung dari Kemdikbud yang Admin akses tepat sebelum artikel ini Admin tulis, ya 10 menit yang lalu kurang lebih.
lintas minat mata pelajaran
gambaran lintas minat mapel di K-13

Di dalam kurikulum 2013 terdapat sistem yang namanya pemlihan mata pelajaran peminatan dan mata pelajaran lintas peminatan. Inilah rahasia kenapa anak IPS bisa dimungkinkan untuk kuliah kedokteran.


Lalu apa sebenarnya sistem ini ?

Secara teori, mata pelajaran peminatan adalah mata pelajaran yang memang sesuai dengan rumpun jurusan. Sedangkan untuk pelajaran lintas peminatan adalah mata pelajaran yang berasal dari luar jurusan yang di ambil. Pemilihan ini pastinya ada aturannya sendiri. Secara gampang aturan ini yaitu pemilihan harus sesuai dasar minat, bakat dan kemampuan siswa. Juga harus sesuai dengan pertimbangan dari satuan pendidikan. Untuk lebih detailnya bisa cari di google.


Bagaimana ? kurang paham ya , , , simak lagi ini yang lebih mudah dimengerti.



Gampangannya anak IPS bisa ambil Biologi, dan anak IPA bisa ambil sosiologi.

Misal :


Peserta didik yang mengambil mata pelajaran (mapel) peminatan sebanyak empat, maka hanya berhak mengambil satu mapel lintas minat. Sedangkan, peserta didik yang mengambil tiga mata pelajaran peminatan berhak mengambil dua mata pelajaran lintas minat.
Sebagai contoh, peserta didik A mengambil peminatan Metematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan mata pelajaran Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia. Sedangkan peserta didik B dengan peminatan yang sama mengambil mata pelajaran Matematika, Biologi, dan Kimia.
Peserta didik A dapat mengambil satu mata pelajaran dari kelompok IPS dan satu dari kelompok Bahasa dan Budaya. Sedangkan peserta didik B yang mengambil tiga mata pelajaran peminatan, dapat memilih dua mata pelajaran dari kelompok IPS dan satu dari kelompok Bahasa dan Budaya. Begitu pula sebaliknya.
Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Achmad Jazidie mengatakan ,”Dengan begitu kedepan dapat dimungkinkan peserta didik yang mengambil peminatan IPS dapat mengambil kuliah kedokteran,”*



Sekarang intinya, kita lihat saja apakah tahun depan memang akan ada banyak peserta didik SMA IPS yang masuk kedokteran.


Sekian dari Admin, semoga artikel diatas dapat bermanfaat.



Sumber :
*Kemdikbud.go.id (Seno Hartono, Erika Hutapea)

Share this post :

Post a Comment

Silahkan komentar yang sopan dan mudah dipahami
Admin berhak menghapus komentar yang melanggar norma dan iklan yang tak ada kaitan dengan isi web

Terima kasih atas kunjungan Anda

 
Copyright © 2015. MAN Insan Cendekia Bangka Tengah - All Rights Reserved

Support : MazGuru | MazSoft | Tim IT ICB