Selamat Datang Peserta Didik Baru

Direktur Pendidikan Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama M. Nur Kholis Setiawan menyambut kedatangan 96 Peserta Didik Baru dan orang tua Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Bangka Tengah beserta jajaran Pemerintah Daerah Bangka Tengah dan Pemda Bangka Belitung.

MAN Insan Cendekia Bangka Tengah yang berlokasi di Desa Sungkap, Kec. Simpangkatis, Kab. Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung bersama 5 MAN IC lainnya pada tahun ajaran 2015/2016 mulai beroperasi. Kelima MAN IC tersebut adalah MAN IC Aceh Timur, Siak Riau, OKI Sumatera Selatan, Paser Kalimantan Timur dan Pekalongan Jawa Tengah.

Direktur Pendidikan Madrasah, M. Nur Kholis Setiawan menyampaikan rasa terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada jajaran Pemerintah Bangka Tengah, Pemda Kepulauan Bangka Belitung dan jajaran Kanwil Kementerian Agama Provinsi yang telah bekerja keras sehingga MAN IC di wilayah ini telah mulai beroperasi.

“Pembangunan MAN IC merupakan upaya kerjasama sinergis antara Kementerian Agama dengan sejumlah Pemerintah Daerah dalam mengembangkan madrasah bermutu dan unggul,” kata M. Nur Kholis Setiawan saat memberikan sambutan Penerimaan Peserta Didik Baru dan orang tua wali MAN IC Bangka Tengah, Sabtu (25/07).

Hadir dalam acara penyambutan adalah Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili oleh Kepala Biro Kesra, Arsyad Nur Yadin, Sekda Bangka Tengah, Ibnu Sholeh, Ketua DPRD Bangka Belitung, Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Bangka Belitung, Andi M. Darlis, Kankemenag Bangka Tengah dan sejumlah pejabat Pemda dan Kemenag lainnya.
“Madrasah yang mengintegrasikan antara kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual yang diperkuat dengan komitmen nilai-nilai kebangsaan menjadi misi kami dalam mengembangkan MAN IC,” tambahnya.

Saat ini, Kementerian Agama RI melalui Direktorat Pendidikan Madrasah, sedang membangun MAN IC di 20 Provinsi di Indonesia setelah sebelumnya terdapat 3 MAN IC yaitu di Serpong, Gorontalo dan Jambi. Kisah sukses dengan banyak prestasi yang ditorehkan 3 MAN IC tersebut didesimaniskan atau direplikasi di 20 lokasi MANIC yang baru, salah satunya ada di MAN IC Bangka Tengah ini.
M. Nur Kholis Setiawan mengingatkan bahwa menjadikan anak bangsa terlayani dalam pendidikan bermutu melalui MAN IC merupakan amal jariyah bersama. “Pendidikan Islam (tarbiyah Islamiyah) merupakan warisan Nabi Muhammad SAW dan sudah menjadi tanggungjawab kita untuk meneruskan dengan niat ikhlas sebagai ladang amal kita,” tegasnya.

Guru besar Tafsir UIN Sunan Kalijaga menerangkan tentang makna yang terkandung dari “Insan Cendekia”. Kata insan, menurutnya berarti manusia sebagai pencipta, pengembang dan penentu peradaban manusia, bukan sekedar berarti “basyar” yang lebih berkonotasi sama dengan makhluk ciptaan Tuhan lainnya secara biologis.

Sementara kata cendekia, lanjut M. Nur Kholis diambil dari kata dzakiyyun yang bermakna cerdas sebagaimana yang terdapat dalam uraian Syeh Azzarnuji dalam Kitab Ta’limul Muta’allim ketika membahas 6 syarat pencari ilmu. “insan dzakiyyun” manusia cerdas atau cendekia menjadi muara dari generasi yang akan dilahirkan oleh MAN IC”, tegas Nur Kholis Setiawan.

Kepada para peserta didik baru, Nur Kholis Setiawan berpesan agar anak-anak tidak galau, resah dan gelisah walau MAN IC ini masih baru dibuka. “Kalian harus mempunyai semangat juang yang tinggi dalam belajar menimba ilmu di MAN IC ini, karena dengan kerja keras dan belajar tanpa lelah cita-cita kalian akan tercapai,” pesannya.

Sementara Sekretaris Daerah Bangka Tengah, Ibnu Sholeh, mengatakan pembangunan MAN IC di Bangka Tengah yang saat ini telah beroperasi  merupakan hadiah yang tak ternilai harganya dari Kementerian Agama RI. Tidak lupa Ibnu Sholeh mengucapkan selamat kepada para Peserta Didik Baru yang telah berhasil lolos seleksi sehingga diterimanya di MAN IC. “Kalian anak-anak hebat yang telah berhasil di madrasah unggulan nasional ini dengan persaingan yang sangat ketat,” sanjungnya.
Kepala Biro Kesra, Arsyad Nur Yadin atas nama Gubernur Kepulauan Bangka Belitung memberikan apresiasi dan terimakasih kepada Kementerian Agama RI yang telah mempercayakan pendirian MAN IC di Kepulauan Bangka Belitung. “Kami akan berbagi peran antara Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemenag, Pemerintah Daerah Provinsi dan Bangka Tengah dalam mengembangkan MAN Insan Cendekia ini,” kata Arsyad.

Arsyad Nur Yadin mengamini apa yang dikatakan oleh Direktur Pendidikan Madrasah bahwa pembangunan MAN IC ini membutuhkan kerjasama dan komitmen bersama, agar anak-anak di seluruh wilayah Indonesia mendapatkan pendidikan yang mutu secara merata.
Pada acara penyambutan Peserta Didik Baru MAN IC ini juga dilaksanakan wawancara peminatan keahlian atau jurusan terhadap para siswa. Orang tua wali dihadirkan dalam rangka membangun komunikasi, komitmen dan nilai juang agar bisa mengantarkan anak-anak MAN IC ke puncak prestasi.
Share this post :

Post a Comment

Silahkan komentar yang sopan dan mudah dipahami
Admin berhak menghapus komentar yang melanggar norma dan iklan yang tak ada kaitan dengan isi web

Terima kasih atas kunjungan Anda

 
Copyright © 2015. MAN Insan Cendekia Bangka Tengah - All Rights Reserved

Support : MazGuru | MazSoft | Tim IT ICB